5 Destinasi Wisata Paling Eksotis Yang Ada Di Lombok


  Alam di Lombok memiliki gunung berapi yang bernama Rinjani setinggi kurang lebih 3.726 meter di atas permukaan laut. Secara keseluruhan, destinasi wisata di Lombok merupakan salah satu yang paling favorit dikunjungi banyak wisatawan. Ada banyak sekali tempat wisata di lombok ini yang membuat wisatawan terkagum-kagum dengan keindahannya, jadi anda perlu perencanaan jadwal yang baik agar tak melewatkan setiap jengkal keindahan lombok ini.


Lalu apa saja tempat wisata di Lombok yang wajib dikunjungi? Berikut ini Sang Pujangga sajikan untuk para traveller sejati. Simak ya.

Wisata Eksotis Lombok


1. Pantai Senggigi



Pantai Senggigi adalah salah satu tempat wisata di Lombok yang paling ramai dikunjungi oleh para wisatawan, lokasinya berada di bagian barat Pulau Lombok, Pantai Senggigi mempunyai suasana yang mirip dengan Pantai Kuta di Bali, namun mempunyai ombak yang tenang sehingga sangat cocok untuk kegiatan berenang dan snorkeling.

Dengan garis pantai yang panjang dan tegas, Pantai Senggigi Lombok menyuguhkan gradasi warna pasir pantai dari hitam ke putih. Air lautnya memiliki ombak yang tidak besar, jernih, dan bersih. Hal-hal inilah yang membuat Pantai Senggigi di Lombok menjadi salah satu tempat wisata favorit bagi para wisatawan mancanegara.

2. Gunung Rinjani


Gunung Rinjani terletak di sebelah Utara Lombok, merupakan puncak tertinggi di Nusa Tenggara Barat dan tertinggi ketiga di Indonesia dengan ketinggian sekitar 3726 m dari permukaan laut. Gunung ini diyakini sebagian masyarakat Lombok sebagai tempat bersemayam ratu jin bernama Dewi Anjani, putri raja Datu Tuan dari permaisurinya Dewi Mas, yang memerintah sebuah kerajaan kecil di Lombok.

Gunung Rinjani memiliki kawah yang luas, terdapat sebuah danau kawah yang disebut Danau Segara Anak. Menurut keyakinan masyarakat setempat, jika Danau Segara Anak terlihat luas, maka itu adalah pertanda bahwa usia orang yang melihatnya masih panjang. Sebaliknya jika tampak sempit, maka menandakan orang yang melihatnya berusia pendek. Disarankan untuk melakukan bersih diri dan berjiwa tenang sebelum memandang kembali Danau Segara Anak. Danau ini dapat digunakan juga sebagai tempat memancing.

3. Pantai Kuta Lombok


Saat mendengar kata Pantai Kuta, kebanyakan orang langsung memikirkan Bali. Namun jangan salah, di Pulau Lombok juga terdapat Pantai Kuta, Yup.. Pantai Kuta Lombok. Pantai berada di Desa Kuta, Lombok Tengah, sekitar 56 km dari Kota Mataram. Walau sama­sama berpasir putih, pasir di pantai ini lebih halus seperti merica halus, sehingga pantai ini juga dikenal dengan sebutan Pantai Merica.

Wisata utama di pantai ini adalah selancar karena ombaknya yang merupakan salah satu yang terbaik di dunia. Wisata lain yang dapat dilakukan di Pantai Kuta Lombok di antaranya: memancing, menyelam, snorkeling, dan aneka kegiatan lainnya yang tak kalah menyenangkan.

4. Pulau Gili Lombok


Gili merupakan sebutan untuk pulau­pulau kecil yang terletak di sekitar pulau utama Lombok. Dari sekian banyak pulau, ada tiga pulau gili di Lombok yang ramai dikunjungi oleh wisatawan yaitu Gili Air, Gili Meno, dan Gili Trawangan yang berada di lepas barat Pulau Lombok. Ketiganya memiliki pemandangan yang sangat indah dengan pantai yang putih bersih dan air lautnya sangat jernih. Kawasan di sekitar tiga pulau ini dikenal memiliki taman laut yang sangat indah dan menjadi habitat berbagai hewan laut. Tidak heran jika banyak wisatawan asing menjadikan Pulau Gili sebagai destinasi wisata utama di Lombok.

Gili Trawangan adalah pulau yang terjauh di antara ketiga gili. Banyak anak-anak muda yang datang ke Gili Trawangan karena sering digelar pesta pantai dengan alunan musik sepanjang malam. Sementara itu, Gili Meno adalah tempat relaks yang tepat untuk Anda yang ingin mencari ketenangan dan menikmati suasana pantai yang relatif sunyi. Posisi Gili Meno ini terletak di tengah-tengah diantara ketiga gili. Sementara Gili Air adalah pulau yang paling dekat dengan Lombok. Banyak wisatawan datang ke Gili Air bersama dengan keluarga mereka. Gili Air memiliki jumlah penduduk lokal yang lebih banyak ketimbang gili lainnya.

5. Desa Wisata Dusun Sade


Dusun Sade atau Sade Village ini adalah merupakan salah satu Desa Tradisional Sasak (suku asli Pulau Lombok) atau sebuah perkampungan suku Sasak asli yang masih mencoba mempertahankan dan menjaga keaslian sisa-sisa kebudayaan Sasak lama sejak zaman pemerintahan Kerajaan Pejanggik di Praya, Kabupaten Lombok Tengah sampai sekarang. Masyarakat yang tinggal di Dusun Sade Lombok ini adalah suku Sasak dengan sistim sosial dan kehidupan keseharian mereka yang masih sangat kental dan memegang teguh adat tradisi Sasak tempo dulu.

Karakteristik rumah penduduk dibangun dari bambu dengan atap yang berasal dari daun alang­alang. Di tempat ini, rumah adat khas Sasak masih berdiri kokoh dan terawat dengan baik. Silahkan datang dan nikmati liburan bersama masyarakat dusun Sade dengan kebudayaan mereka yang kental.


  Itulah 5 Destinasi Wisata Eksotis Lombok yang bisa Penulis Objekku berikan. Jika traveller punya rekomendasi tempat lainnya, jangan sungkan untuk berbagi dengan pembaca lainnya melalui kolom komentar. Jangan lupa di share yaa, untuk mempromosikan objek wisata lokal kita.

0 Response to 5 Destinasi Wisata Paling Eksotis Yang Ada Di Lombok

Posting Komentar